Pages

Rabu, 01 November 2017

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya




Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

1. Herbivora

Herbivora adalah kelompok hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Hewan yang termasuk jenis herbivora dapat memakan bagian tumbuhan seperti daun, biji, batang dan juga umbi umbian. Dengan kata lain hewan yang memakan daun-daunan, umbi-umbian, biji-bijian saja tanpa memakan daging disebut sebagai hewan herbivora. Hewan yang termasuk atau tergolong dalam kelompok herbivora adalah;
  1. Bangsa Burung : Contohnya burung nuri, burung kakak tua, burung beo, merpati dan betet.
  2. Bangsa Mamalia (hewan menyusui) : Contohnya Kuda, sapi, kerbau, kambing, kelinci dan kijang.
  3. Bangsa Serangga : Contohnya walangsangit, belalang, capung, dan kutu daun.
Hewan mamalian yang memakan tumbuhan memiliki gigi seri yang tajam, tidak bertaring dan gigi gragamnya bergelombang. Gigi graham pada hewan herbivora memiliki kegunaan untuk dapat menggiling rumput dan dedaunan yang keras. Sementara gigi seri berguna untuk memotong makanan. 

Contoh hewan herbivora pemakan rumput dan dedaunan yaitu kuda, sapi, kerbau, kambing.
Contoh hewan herbivora pemakan biji bijian yaitu burung pipit, kakak tua dan merpati.
Contoh Hewan Herbivora
Contoh Hewan Herbivora


2. Karnivora

Karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging atau memakan hewan lainnya. Jadi hewan-hewan yang makan daging saja atau memakan hewan lainnya disebut sebagai hewan karnivora. Hewan karnivora biasanya mendapatkan makanan dengan cara memburu mangsanya. Mereka dikenal sebagai pemburu aktif. Hewan ini biasanya memiliki gigi taring yang tajam yang berguna  untuk mencabik cabik dan memotong daging. 

Ada beberapa jenis hewan karnivora, berikut ini contoh jenis hewan karnivora;
Contoh Hewan Karnivora

  1. Bangsa Burung, misanya burung elang, rajawali, dan burung hantu.
  2. Bangsa serangga, misalnya nyamuk, laba-laba dan sebagainya
  3. Bangsa mamalia, misalnya harimau, singa, dan srigala
  4. Bangsa reptil, misalnya ular, komodo, cicak, dan bunglon
  5. Bangsa ikan, misalnya hiu, piranha dan arwana
Burung pemangsa biasanya memiliki paruh yang tajam dan cakar yang kuat yang berguna untuk mencengkram mangsanya. Paruh kuatnya juga dapat mencabik-cabik daging mangsanya. Ada juga burung bangau yang bentuk paruhnya memiliki rongga di bagian bawahnya yang berguna untuk menjaring ikan.
Contoh Hewan Karnivora
Contoh Hewan Karnivora

3. Omnivora

Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan sekaligus memakan hewan lainnya. Jadi hewan yang memakan tumbuhan dan juga hewan lainnya (daging) disebut omnivora. 
Contoh hewan Omnivora
  1. Musang
  2. Ayam
  3. Babi
  4. Itik
  5. Burung Jalak
  6. Kutilang
Contoh Hewan Omnivora
Contoh Hewan Omnivora

Jenis Gigi Hewan Berdasarkan Makanannya


Jika kita memperhatikan kuda dan sapi maka kita akan menyimpulkan bahwa kedua hewan tersebut memiliki susunan gigi yang tidak berbeda. Yup benar, itu karena keduanya sama-sama hewan pemakan tumbuhan (rerumputan dan dedaunan). Namun jika kita membandingkan jenis gigi hewan kuda dengan singa, maka kita akan menemukan perbedaannya karena jenis makanan keduanya berbeda. Kuda memakan rereumputan sementara singa memakan daging.

Hal tersebut karena bentuk gigi hewan juga menyesuaikan diri pada jenis makanannya, simak (Macam-macam adaptasi pada hewan)

Lalu bagaimanakan susunan gigi hewan-hewan tersebut, berikut ini penjelasaanya.
Setiap hewan mempunyai bentuk gigi yang disesuaikan dengan jenis makanannya.

1. Hewan Herbivora

Hewan herbivora memiliki gigi graham yang lebar dan bergigi. Hal itu bergunan untuk menggigit sejumlah rumput . Itu penting karena juga berguna untuk mengunyah dan menggiling makanan. Selain gigi graham hewan herbivora juga memiliki gigi seri dan beberapa hwan mempunyai gigi taring yang berguna untuk mengoyak atau memotong makanan.
Bentuk Gigi Hewan Herbivora
Bentuk Gigi Hewan Herbivora


2. Hewan Karnivora

Hewan karnivora memiliki gigi graham dengan bentuk permukaan yang berlekuk-lekuk tajam.  Hewan karnivora memiliki gigi geraham khusus untuk mengunyah daging dengan sisi rahang ujung gigi saling bertemu seperti pisau, gunting. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengerat dan menghancurkan makanan.Sementara gigi serinya kecilkecil dan tajam. Sementara gigi taringnya panjang, besar dan runcing.
Bentuk Gigi Hewan Karnivora
Bentuk Gigi Hewan Karnivora

3. Hewan Omnivora

Manusia ternyata juga tergolong jenis omnivora loo, walau bukan hewan. Hal ini karena manusia memakan tumbuhan dan juga daging. Bentuk gigi hewan omnivora merupakan bentuk gigi gabungan dari jenis gigi hewan herbivora dan hewan karnivora. Gigi geraham omnivora berguna untuk melumatkan makanan, gigi serinya untuk memotong, dan gigi taringnya untuk mengerat makanan.
Bentuk Gigi Omnivora manusia
Bentuk Gigi Manusia
Perbandingan Bentuk Gigi Herbivora, Karnivora, Omnivora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About